8 Tips Agar HP dan Laptop Tidak Lemot, Cara Terakhir Paling Ampuh

Bismillah, sobat ponsel. Memiliki perangkat dengan performa yang lambat memang membuat jengkel. Kualitas pekerjaan turun, deadline tidak terkejar, dan waktu penyelesaian yang lama. Mungkin kamu butuh tips agar HP dan laptop tidak lemot saat digunakan bekerja atau bermain.

Jika berhasil mengatasi permasalahan lemotnya perangkat dengan tips di bawah maka akan sangat menyenangkan dan tidak perlu pusing lagi saat perangkat sedang lemot. Namun,apa sih penyebab dan tips untuk mengatasi lemot?

Tips Agar HP dan Laptop Tidak Lemot Saat Digunakan

tips laptop dan hp agar nggak lemot

Tips yang diberikan di bawah ini pastinya tidak ribet jadi kamu bisa menggunakannya dengan sangat mudah dan merekomendasikan kepada teman-temanmu.



INSTALL APLIKASI

1. Gunakan Aplikasi Sesuai dengan Spesifikasi

Sebelum menggunakan atau menginstal aplikasi pada perangkat tidak ada salahnya kamu mengenali perangkat kamu terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah paham mengenai RAM, tipe, dan lainnya. Spesifikasi HP atau Laptop akan mempengaruhi kinerja dari aplikasi itu sendiri.

Biasanya perangkat yang support gaming maka akan cocok juga digunakan untuk editing video maupun desain grafis. Hal tersebut dikarenakan RAM yang besar sudah disiapkan pada HP atau Laptop. Atau, tips lainnya kamu bisa menggunakan aplikasi dengan spesifikasi yang lebih rendah sehingga tidak akan membuat kinerja Laptop atau HP menjadi berat.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Salah satu penyebab perangkat lemot adalah aplikasi yang terlalu banyak diinstal dan menurunkan performa HP dan Laptop. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan bisa menjadi solusi untuk mengatasi HP dan Laptop tidak lemot.

Kapasitas penyimpanan akan penuh dan membuat sistem akan bekerja lebih lama saat membaca perintah. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja tanpa menggunakan aplikasi yang kurang bermanfaat.

Tips ini sangat tepat diterapkan karena tidak memerlukan teknik khusus atau tambahan aplikasi namun kamu bisa mengatasi permasalahan dan mengembalikan kinerja dari perangkat tersebut.

3. Menambah Penyimpanan Eksternal

Baik HP maupun Laptop saat ini sudah bisa upgrade untuk ruang penyimpanannya. Contohnya saja untuk Android bisa menambahkan microSD dan Laptop bisa mengganti penyimpanan HDD ke SSD meskipun memerlukan tambahan biaya.

Dengan adanya penyimpanan eksternal yang ditambahkan maka akan membuat beberapa file atau aplikasi disimpan pada ruang eksternal tersebut. Selain itu, terkadang untuk penyimpanan internal lebih lambat kecepatan datanya dibandingkan dengan penyimpanan eksternal ini.

Meskipun harga yang dikeluarkan akan cukup besar namun tips agar HP dan Laptop tidak lemot ini sangat efektif digunakan. Dengan begitu maka perangkat akan lebih responsif dalam melakukan aktivitas.

4. Rutin Menghapus File

File yang diterima pada WhatsApp misalnya atau aplikasi lainnya di HP terkadang hanya diperlukan sekali dua kali saja. Oleh sebab itu, kamu bisa menghapus file tersebut saat sudah tidak dibutuhkan.

Pada penyimpanan Android, file yang menumpuk tersebut terdapat di File Manager dan harus sering dibersihkan. Karena sangat sayang jika penyimpanan digunakan untuk menyimpan file-file yang sudah tidak terpakai dan tidak ada gunanya.

Contoh file yang tidak terpakai namun tersimpan di File Manager seperti file WhatsApp yang terkirim. Bukalah File Manager Folder WhatsApp, temukan folder Sent dan hapus folder tersebut.

Sedangkan, untuk menghapus sampah pada Laptop bisa menghapus di Recycle Bin untuk menghapus sampah secara permanen. Atau juga bisa menghapus file-file di penyimpanan :D atau :C yang sudah tidak terpakai atau tidak penting.

5. Tidak Menggunakan Visual Effect

Visual effect yang terdapat di layar Laptop atau HP memang sangat menarik dan enak dilihat. Akan tetapi, akan mudah menguras baterai sehingga baterai perangkat akan cepat habis. Selain itu, visual effect ini tidak akan memberikan keuntungan lain selain untuk keindahan.

Jika pada Laptop, kamu bisa menggunakan langkah di bawah ini untuk mematikan Visual Effect:

● Bukalah Windows Explorer, ketikkan This PC, dan klik kanan.

● Kemudian, pilih menu Properties yang ada di bagian bawah.

● Lanjutkan dengan memilih Advanced System Settings di bagian Performance tersebut.

● Pilihlah Setting dan ubah menjadi Custom.

● Barulah kamu bisa menonaktifkan visual effect tersebut atau bisa menggunakan yang tidak memberatkan Laptop.

Sedangkan, jika pada HP bisa mematikan screensaver yang bergerak-gerak. Caranya adalah dengan menonaktifkan pengunci layar pada pengaturan. Atau jika ingin menggunakan screensaver maka cukup dengan memasang image saja dan hindari memasang video.

Memang kedua cara tersebut berbeda karena untuk masing-masing perangkat yang berbeda. Tips agar HP dan Laptop tidak lemot ini bisa diterapkan agar performa tidak lambat serta baterai tidak cepat habis.

6. Menginstal Antivirus Berbayar

Biasanya penyebab dari HP atau Laptop lemot adalah adanya malware atau virus yang masuk ke dalam perangkat. Jika ingin mencegah turunnya performa dari Laptop atau HP bisa memasang antivirus berbayar yang mampu digunakan untuk menghindar dari serangan banyak virus.

Akan tetapi, jika kamu menggunakan antivirus ini pastikan selalu mengecek secara rutin dan update aplikasi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga perangkat agar tetap dilindungi oleh antivirus tersebut.

Beberapa antivirus yang bisa digunakan seperti Smadav Pro yang sudah dipercaya banyak pengguna agar terhindar dari virus. Atau kamu dapat menggunakan antivirus lainnya yang serupa.

Pada saat menggunakan antivirus maka pilihlah antivirus yang ringan sehingga tidak akan membebani kinerja perangkat. Selain mengatasi keterlambatan berjalannya perangkat ini juga bisa digunakan sebagai optimasi ruang penyimpanan.

7. Menggunakan Aplikasi Cleaner PRO

Selanjutnya, jika kamu tidak memiliki waktu untuk membersihkan sampah yang ada di PC bisa menggunakan aplikasi pembersih sampah saja. Pasalnya aplikasi tersebut memiliki penggunaan yang sederhana dan sangat mudah.

Dengan satu klik saja maka beberapa sampah yang ada di perangkat kamu akan terhapus. Tidak butuh waktu lama sehingga cara ini bisa dikatakan sangat efisien.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti CCleaner atau Clean Master sebuah aplikasi yang bisa didownload dan digunakan secara gratis.

8. Mematikan Program yang Otomatis Dijalankan

Beberapa program pada Laptop biasanya akan berjalan otomatis pada saat Laptop atau HP dinyalakan. Oleh karena itu, kamu bisa mematikan beberapa program yang berjalan tersebut pada saat startup. Hal tersebut harus dihindari yaitu berjalan secara otomatis.

Untuk bisa mematikan program yang dijalankan otomatis pada Laptop bisa membuka Task Manager dan memilih Startup. Barulah kamu bisa memeriksa program manakah yang membebani performa Laptop.

Sedangkan, pada HP Android kamu bisa membuka satu per satu aplikasi pada Pengaturan dan pilih Berhenti. Dengan begitu maka aplikasi tersebut tidak akan berjalan dan membuat HP lebih cepat bergerak secara optimal. Sekaligus untuk cache tidak bertambah dari aplikasi tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut tidak akan berlaku untuk aplikasi bawaan dari pengaturan pabrik smartphone atau Android tersebut.

Pada beberapa tips agar HP dan Laptop tidak lemot bisa diterapkan satu per satu. Pastikan untuk prosesnya tidak berhenti di tengah jalan sehingga kinerja perangkat bisa optimal.

Tips Terakhir mempercepat kinerja laptopmu

1. Pada keyboard laptop teman-teman, tekan tombol Windows, Tahan kemudian tekan tombol huruf R.

gambar tombol Windows + R

2. Pada jendela RUN, di kolom Open, Ketikkan "%temp%" Tanpa tanda petik. Kemudian klik OK.

cara hapus file sampah di laptop

3. Berikutnya di local disk akan ada banyak file sampah yang muncul.

4. Silahkan hapus semua file yang ada di dalamnya, cara klik salah satu file kemudian tekan tombol "CTRL" Tahan, Kemudian tekan huruf A

5. Klik kanan file, kemudian pilih delete.

6. Kita akan menghapus file sampah secara permanen yang ada di recycle bin

7. Caranya cari recycle BIN, buka kemudian tekan tombol "CTRL" Tahan, Kemudian tekan huruf A, kemudian pilih delete

8. Folder recycle BIN biasanya bisa ditemukan di layar depan laptop anda.

Mematikan windows Update

👉 Pertama pada kotak pencarian di laptop anda ketikkan kata kunci Services.

👉 Kemudian di hasil pencarian langsung klik Service APP yang ditandai dengan icon roda gigi.

👉 Berikutnya pada tampilan services local, silahkan cari Windows Update, lalu klik kanan dan pilih Properties

👉 Pada startup type pilih Disable

👉 Pada service status pilih STOP

👉 Berikutnya klik tombol APPLY lalu OK,

👉 Terakhir, silahkan Restart laptop teman-teman.

membersihkan Sampah di Disk Cleanup

Bagi teman-teman yang ingin mencoba tips ini, bisa mempraktikannya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah

1. Pada ikon search di sebelah menu star laptop anda, ketikkan "DISK"

2. Berikutnya pada aplikasi yang tampil, klik yang paling atas "Disk cleanup". seperti gambar dibawah

gambar cara buka disk cleanup di windows 10

3. berikutnya pada jendela selection Drive, silahkan terlebih dahulu anda mulai membersihkan dari Drive C. Kemudian klik OK.

4. berikutnya centang semua file yang tampil di disk cleanup, kemudian untuk mulai menghapusnya klik tombol OK seperti gambar dibawah.

gambar cara hapus sampah di disk cleanup

Bagaimana teman-teman, sangat mudah kan ? Nah untuk lebih jelas lagi, teman-teman bisa melihat tutorialnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel