MacBook Air vs MacBook Pro, Apa Saja Perbedaannya?

MacBook Air vs MacBook Pro

Bismillah. Sobat ponsel, Apple mengeluarkan dua model laptop yakni MacBook Air dan Pro yang laris di pasaran. Keduanya sama-sama menawarkan fitur canggih sehingga sering membuat bingung saat memilih. Penjelasan MacBook Air vs MacBook Pro berikut akan memberikan solusi untuk kebingungan tersebut.

MacBook Air vs MacBook Pro

Membandingkan produk memang cara paling efektif untuk mempermudah saat akan memilih. Kamu bisa melihat perbedaan secara garis besar antara MacBook Air dan MacBook Pro berdasarkan 8 kategori yang penjelasan detailnya ada di bawah ini:

1. Ukuran dan Kualitas Layar

Dari segi ukuran, MacBook Air dan Pro menyediakan pilihan mulai dari 13 inci hingga 16 inci yang artinya portabilitasnya sama-sama tinggi. Sedangkan dari kualitas layar, MacBook Pro jelas lebih unggul.

Apple membekali MacBook Pro dengan Retina Display resolusi 2560 x 1600 untuk 13.3 inci dan resolusi 3072 x 1920 untuk 16 inci. Brightness dan range warna layar jauh lebih unggul. Layar Retina LED-backlit glossy pada MacBook Air 13.3 inci memiliki resolusi 2500 x 1600.

2. Kapasitas Penyimpanan

Selanjutnya, MacBook Air vs MacBook Pro bisa dilihat dari kapasitas penyimpanan. Secara umum, produk Apple memiliki RAM dan SSD yang berukuran besar. MacBook Air keluaran terbaru dilengkapi dengan RAM 16 GB dan SSD 2 TB.

Kapasitas penyimpanan pada MacBook Pro ternyata lebih banyak. Apple memberikan RAM hingga 32 GB dan kapasitas SSD sampai dengan 8 TB.

3. Desain

Kedua produk laptop Apple ini sama-sama memiliki desain yang stylish lengkap dengan logo brand yang khas. Tapi, MacBook Pro didesain terlihat lebih mewah dan elegan. Hal ini wajar karena laptop model ini lebih banyak dibekali fitur yang advanced untuk pemakaian profesional.

4. Performa

Membahas MacBook Air vs MacBook Pro dari segi performa terbilang menarik. Sebab, ada poin plus dan minus yang dimiliki tiap model sehingga kamu perlu mencermati spesifikasi detailnya sebelum membeli.

MacBook Air dan Pro keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi Chip Apple yang terbukti kencang dan irit baterai. Tapi, kamu masih tersedia MacBook Pro di pasaran yang memakai Core i7 dan i9. Core i3 hingga i7 juga masih dipakai oleh MacBook Air varian tertentu.

5. Ketahanan Baterai

Jika kamu butuh laptop yang tahan lama untuk multitasking yang cukup berat, maka pilihlah MacBook Pro. Baterai yang dimiliki MacBook Pro mampu bertahan selama 10 jam untuk multitasking, misalnya browsing dan menonton video.

Berbeda halnya dengan MacBook Air yang bisa bertahan sampai 12 jam dengan syarat hanya 1 task berat yang dijalankan, misalnya nonton video saja atau akses internet.

6. Konektivitas

Saatnya membandingkan MacBook Air vs MacBook Pro berdasarkan konektivitas yang tersedia. MacBook Air hanya dibekali dengan 2 ThunderBolt sehingga penggunaannya lebih terbatas. Sedangkan, port yang disediakan Apple untuk MacBook Pro berjumlah 2 hingga 4 ThunderBolt.

Kabar baiknya, MacBook Pro dan MacBook Air sama-sama mempunyai WiFi, 3.5 mm jack audio dan bluetooth.

7. Harga

Fitur unggulan yang lebih canggih cenderung diberikan kepada MacBook Pro sehingga harganya tentu lebih mahal. Apple membanderol model MacBook Pro mulai dari 18 juta rupiah sampai dengan 30 juta rupiah.

Bahkan produk MacBook Pro yang limited edition ada yang mencapai ratusan juta rupiah.Sedangkan rentang harga MacBook Air mulai dari 12,5 juta rupiah.

8. Target Pasar

Berdasarkan target pasar, Apple membuat MacBook Air untuk penggunaan umum, misalnya para pekerja yang tidak menjalankan aplikasi berat dan pelajar. Sedangkan MacBook Pro didesain untuk menjalankan aplikasi yang berat untuk memudahkan pekerjaan para profesional.

Dengan mengetahui perbedaan tiap kategori, kamu akan lebih mudah membandingkan MacBook Air vs MacBook Pro untuk menentukan pilihan sesuai kebutuhan.

Jika perlu laptop yang mendukung advanced software, maka seri Pro lebih recommended dibandingkan MacBook Air yang lebih ideal untuk kerjaan yang ringan. Intinya, cermati fitur yang ditawarkan lalu cocokkan dengan tujuan penggunaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel