10 Fungsi NFC Pada Smartphone, Fungsional Banget!

Bismillah, Sobat ponsel. Jika kamu termasuk pemilik smartphone masa kini, mungkin sudah tidak asing dengan fitur NFC. Fungsi NFC pada smartphone memang dikenal bisa isi ulang e-money. Perannya ternyata bukan hanya itu, namun jenis konektivitas yang satu ini lebih istimewa.

Fungsi NFC Pada Smartphone

Sayangnya, masih banyak yang tidak menjadikan NFC sebagai acuan dalam membeli HP baru. Padahal, perannya cukup krusial di era digital seperti saat ini, kamu akan banyak terbantu ketika sudah mengenal apa saja manfaatnya.

10 Fungsi NFC Pada Smartphone

Smartphone yang support teknologi NFC akan memberikan berbagai macam keuntungan untuk penggunanya, yaitu sebagai berikut.

1. Transfer Data

Transfer atau mengirim data menjadi fungsi esensial sebuah NFC pada suatu gadget. Pada awal dikenalkannya, NFC menunjukkan perannya yang bisa mentransfer kontak atau daftar nomor telepon.

Dibanding mengetikkannya satu per satu, maka akan lebih hemat waktu dan tenaga jika bisa mentransfernya dalam satu kali sentuh.

2. Kartu Akses Pintu/Ruangan

Kartu akses ini biasanya digunakan di hotel atau apartemen. Keberadaannya sebagai pengganti kunci konvensional sehingga lebih canggih. Menariknya, data yang disisipkan ke dalam kartu akses ternyata bisa dipindah ke dalam smartphone dengan fitur NFC di dalamnya, lebih simple kan?

3. Autentifikasi Jaringan Wireless

Ketika hendak menghubungkan HP dengan jaringan WiFi, kita seringkali diminta memasukkan password. Beberapa tempat seperti hotel memanfaatkan WiFi porter sehingga pengunjung tidak perlu memasukkan kata sandi agar terhubung.

Alat tersebut bisa menyimpan password secara otomatis di smartphone yang memiliki teknologi NFC. Kamu tinggal mendekatkan HP ke WiFi porter yang disediakan.

4. Cek Saldo dan Top Up e-Money

Kebijakan cashless yang berkembang saat ini semakin mendukung kepopuleran NFC. E-Money yang bisa digunakan untuk akses jalan toll bisa diisi ulang melalui smartphone dengan NFC.

5. Melakukan Payment

Fungsi NFC Pada Smartphone selanjutnya adalah melakukan payment atau pembayaran. Bagi yang hobi belanja, akan cukup merepotkan jika harus pusing-pusing mengantre ke ATM untuk menarik uang.

Kamu bisa memanfaatkan kartu debit sebagai salah satu media pembayaran. Hanya saja, hal ini akan lebih ringkas dan simple jika bisa diakses dengan smartphone. Adanya NFC, maka proses transaksi pembayaran jauh lebih cepat karena sudah terhubung dengan kartu debit.

6. Merekomendasikan Aplikasi Terbaru dan Bermanfaat

Fungsi NFC pada Smartphone beriktunya adalah merekomendasikan aplikasi. Kamu tidak perlu mengetikkan namanya secara manual di AppStore atau PlayStore. Setelah itu, HP akan menuju link download aplikasi secara otomatis.

7. Membuka Aplikasi di Smartphone Lain

Dengan adanya NFC, sebuah HP bisa membuka aplikasi yang terinstall di HP lainnya. Kedua HP tentunya harus memiliki aplikasi yang sama. NFC memungkinkan penciptaan interkonektivitas atau sambungan perangkat multiplatform sehingga lebih menghemat waktu.

8. Check In dengan Mudah

Aktivitas check ini akan memudahkan informasi bahwa seseorang sedang berada di titik lokasi tertentu. Fungsi NFC yang satu ini bisa kamu aplikasikan ketika check in di hotel atau tempat lainnya.

9. Charging Daya secara Nirkabel

Charging smartphone bisa dilakukan ketika daya akan terkirim melalui dua benda yang menempel atau pengisian dengan metode induksi. Meski kemampuan daya ini belum terlalu besar, namun di masa mendatang pastinya akan terus berkembang.

10. Order Makanan dan Fungsi Lainnya

Fungsi NFC di negara Australia saat ini lebih modern. Teknologi ini memungkinkan penggunanya melakukan pemesanan makanan di restoran.

Cukup buka aplikasi lalu pilih makanan dan sentuhkan smartphonenya ke lengan kursi tempat dirinya hendak duduk. Setelah itu, tinggal duduk manis menunggu pesanan makanan tiba, sangat mudah bukan?

Fungsi NFC Pada Smartphone memang begitu bervariasi. Oleh karena itu, fitur yang satu ini bisa menjadi pertimbangan ketika kamu hendak membeli smartphone baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel