4 Motherboard untuk Intel Gen 12 ASUS dan Harganya (2022)

Bismillah, sobatku. Dirilisnya prosesor Intel gen 12 saat ini juga didukung motherboard mumpuni yang dirilis ASUS untuk tahun ini. Motherboard Intel gen 12 ASUS 2022 memiliki empat varian yang menawarkan teknologi terbaru. Perpaduan motherboard dan prosesor teranyar ini tentunya tidak perlu diragukan.

 Motherboard untuk Intel Gen 12 ASUS dan Harganya (2022)

ASUS sendiri dipercaya menjadi produsen gear gaming yang terbilang produktif. Tak terkecuali di tahun 2022 ini mereka merilis varian motherboard gaming yang support penggunaan prosesor berbasis Alder Lake dari Intel.

Motherboard Intel Gen 12 ASUS 2022

Empat seri motherboard yang dipamerkan ASUS di awal tahun ini adalah Z690, B660, H670, dan H610. Hal ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu audiens untuk mengetahui performa Intel Core Generasi ke-12.

1. Motherboard ASUS Z690

Motherboard Z690 menggunakan model high-end dari seri TUF Gaming dan ROG Strix. Penggunaannya sangat mendukung prosesor Intel Alder Lake yang tengah hangat-hangatnya.

Desainnya berupa Mini-IT dan sangat direkomendasikan jika kamu ingin building komputer gaming yang minimalis. Form factor motherboard ini memang tampak ringkas, namun konektivitas yang didukung memang lumayan lengkap.

ASUS ROG Strix Z690-I Gaming WiFi mendukung port Thunderbolt 4 USB-C dan beberapa jenis port I/O yang umum digunakan.

Spesifikasi dan dukungan teknis:

• Soket: LGA 1700 • Form factor: Mini-ITX • Tipe memori: DDR5 • Memory speed: 6400MHz • Max RAM: 128GB

Untuk motherboard Z690 ini, ASUS membanderolnya dengan harga sekitar Rp7 juta.

2. Motherboard ASUS B660

Motherboard B660 dari ASUS ini semakin memberirkan banyak pilihan bagi hardware enthusiast dalam merakit PC impiannya. Terutama yang mengandalkan lini prosesor Intel gen 12. Seri B660 yang satu ini menggunakan model mainstream dibanding Z690 yang lebih high end.

Model B660 ini bisa menjadi opsi yang tepat jika kamu mencari motherboard yang menyeimbangkan performa kuat dengan nilai luar biasa. Motherboard ini dibekali slot PCIe 5.0, modul memori DDR5 atau DDR4, dan overlocking memory.

Motherboard ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding seri Z690, yaitu sekitar Rp4 juta.

3. Motherboard ASUS H670

Model motherboard H670 ini tidak jauh berbeda dengan B660 karena desainnya yang cukup mainstream. Namun, hal yang membedakan adalah pada salah satu fiturnya.

Motherboard yang satu ini cocok bagi kamu yang membutuhkan PCIe namun tidak melakukan overlocking. Jika dalam kondisi demikian, maka H670 ini bisa menjadi pilihan.

Motherboard ASUS H670 bisa menjadi pilihan karena harganya yang tidak menguras kantong, yaitu sekitar Rp2-3 juta.

4. Motherboard Asus H610

Model motherboard Intel gen 12 ASUS 2022 berada di segmen budget. Artinya, kamu yang ingin merakit PC sesuai budget bisa memilih motherboard seri H610 ini.

Tidak perlu khawatir, semua model tersebut sudah termasuk satu slot PCIe 5.0, beberapa slot PCIe 4.0 M.2, dan dukungan memori DDR4.

Mengingat motherboard ini berada di segmen budget, maka harganya pun dikenal lebih murah, yaitu sekitar Rp2 juta. Pada dasarnya, ASUS tidak hanya merilis motherboard, namun juga perangkat pendingin all-in-one yang lebih praktis. Perangkat tersebut ialah ROG Ryujin II ARGB yang menggunakan pompa Asetek gen 7. Kipas yang digunakan bertipe Asus Axialdan di bagian pompanya yang sudah dilengkapi panel OLED.

Beberapa motherboard Intel gen 12 ASUS 2022 yang telah disebutkan di atas memang bisa dijadikan pilihan. Terutama bagi kamu yang ingin membangun komputer gaming dengan prosesor teranyar dari Intel. Mengkombinasikannya dengan motherboard andalan ASUS bisa menunjukkan performa memukau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel